Friday, March 21, 2008

Jejak Dzaki

Ini record Dzaki, untuk membantu saya mengingat :

1. Lahir 27 Januari 2006, dengan operasi caesar, setelah 3 hari aku opname dan telah diberi perangsang kelahiran 10 ampul lebih, tidak ada mules, tidak ada kontraksi apapun, tidak ada pembukaan. Yang ada hanya bercak darah terus. Dokter akhirnya memutuskan untuk operasi caesar.

2. Sakit diare dan opname di usia 4 bulan. Dokter yang merawat mendeteksi gejala perkembangan yang kurang, karena Dzaki belum bisa tengkurep, selalu melihat ke atas dan miring, melengkung terus menerus, susah dibaringkan telentang. Dari hasil scan otak didapat perkembangan otak depan yang belum optimal. Oleh ahli syaraf diberi vitamin E dan asam folat, serta terapi dirumah untuk tengkurep diatas bantal.

3. Tengkurep usia 5 bulan

4. Duduk di usia 10 bulan, masih dengan vitamin otak. Vitamin dihentikan ketika sudah dapat duduk. Setelah duduk mulai merangkak usia 10-11 bulan.

5. Berdiri 11 bulan.

6. Mulai belajar jalan setelah ulangtahunnya yang pertama. Berjalan di usia 13-14 bulan, mulai memanggil "mama", "papa", "cuss",gajah", "ndak", "ya", serta bertepuk tangan dengan nyanyian "kepala, pundak, lutut, kaki"

7. Mendapatkan vaksi MMR di usia 15 bulan, berhubung vaksin campaknya terlewat. Rasanya saya telah membuat kesalahan terbesar dalam hidup ini.

8. Dzaki tidak bicara lagi, dan mulai berperilaku "aneh", diusia 18 bulan, saya bawa ke 2 ahli syarat anak, dan didiagnosa PDD-NOS, dan harus mendapatkan terapi SI.

9. Terapi SI, seminggu sekali selama 1 jam, sejak Desember 2007 hingga sekarang.

No comments: