Thursday, January 05, 2006

2006 Resolution

2006 ini ada target yang ingin kucapai. Tidak terlalu muluk-muluk : Tahun ini belajar menjadi mama yang baik.

Menjadi mama...wow belum pernah terbayang sebelumnya. Selama lajang bayanganku hanya karir, traveling, cari uang, kejar ilmu. Wah jadi mama belum pernah terlintas sebelumnya.
Saudara-saudaraku saja banyak yang ragu apakah aku bisa menjadi "luwes" sebagai mama.
Karena selain aku lama hidup sendiri, plus agak judes (hihi) dan juga tidak terlalu suka dengan anak kecil.

Saudaraku pada bilang kalau nanti aku jadi "Mama Kopassus" karena aku selalu galak dan tidak suka ponakan-ponakan atau anak kecil yang ribut atau nakal. Bahkan sering aku dijadikan tokoh untuk menakut-nakutin ponakan kecil yang tidak mau tidur..."hayo...nanti ada tante Nana lho", dan ponakan yang baru berusia 2 tahun itu langsung menutup muka dengan bantal dan berusaha tidur. Waaah seseram itukan aku buat anak-anak kecil?

Sambil menghitung hari lahirnya si Pip-Pip (nama Shorai selama di dalam perut), dalam kepalaku menari-nari bayangan menjadi mama yang baik, apa saja yang akan kulakukan, bagaimana aku akan bereaksi jika anakku begini begitu, dan menimbang-nimbang reaksi apa kira-kira yang terbaik.

Aku juga membaca buku, artikel pendidikan anak, mengamati keluarga sanak saudara cara mereka mendidik anak, untuk mendapatkan pola yang kira-kira baik untuk membesarkan anak nanti.

Aku tidak tahu apakah ini efektif atau tidak, yang jelas tahun ini dan tahun-tahun berikutnya aku berniat menjadi mama yang baik, memberikan kasih sayang tulus tanpa memanjakan, dan menyiapkan anakku agar menjadi orang yang berguna dan mandiri nantinya.

2 comments:

kang bedjo said...

hehehe calon mama harus rajin belajar sabar ... hehehe ....

Jerome & Galuh said...

Don't worry Nana! Aku juga galak kok he .. he.. Jadi mama itu gak perlu belajar, nanti akan mengalir apa adanya. Nikmatin aja .. Take care yah. Galuh