Tuesday, December 11, 2007

Fun Homework

Alhamdulillah setelah menunggu dari bulan September yg akhirnya hari ini mendapat kesempatan untuk observasi dan konsultasi di klinik di Pulomas. Karena ada beberapa anak yang telah menyelesaikan terapi, Dzaki bisa mendapatkan jadwal untuk terapi disana. Aku juga bersyukur kami tinggal tidak jauh dari tempat ini. Hanya sekitar 15 menit driving dr Kelapa Gading, tepatnya di daerah Pulomas.
Mulai next week, Dzaki akan menjalani Terapi Sensorik Integrasi (biasa disingkat SI) seminggu sekali di tempat ini. Selain itu banyak juga PR buat mama papanya dirumah. Mengenai Sensorik Integrasi sendiri penjelasannya agak panjang, next time aku ulas.
Home worknya sendiri berupa beberapa kegiatan secara rutin yang menurutku sungguh fun untuk dilakukan bersama keluarga, antara lain : berjalan-jalan (jalan kaki), berenang, berkuda, dan hiking.
Tujuan dari kegiatan tersebut antara lain adalah :
· Meningkatkan awareness terhadap lingkungan
· Membangun interaksi dengan orang lain
· Memberi kerja otot
· Latihan keseimbangan
· Memberikan stimulus (penglihatan, perabaan, pendengaran)
Perubahan yang langsung tampak setelah Dzaki berjalan-jalan dan berenang , jam tidurnya mulai banyak dan tidak begadang lagi, dan mulai lebih tenang, tidak rewelan.
Untungnya Dzaki sangat menyukai kegiatan jalan-jalan dan berenang. Berenangnya kesenengen sampai matanya radang, akhirnya ke dokter dan dapat obat tetes, salep dan obat untuk diminum sampai radangnya sembuh.

No comments: