Monday, January 21, 2008

Saat banjir dan Dzaki sakit

Paling sedih adalah tatkala Dzaki sakit. Seminggu kemarin dia sakit. Pilek, dan terlebih lagi, kulitnya seperti terbakar di bagian punggung, pinggang,dada, lengan atas dan bawah ketiak, gosong gosong, mengelupas dan perih karena digaruk Dzaki. Dzaki jadi sangat rewel,tidak mau dipegang, tidak mau main seperti biasanya, dan tidak mau menyedot susu maupun makan. Mungkin tenggorokannya sakit. Untungnya dia masih mau disendoki susu.

Di tempat terapi dia juga tidak ceria seperti biasanya. Tidak mau main, hanya berbaring di lantai. Selama seminggu dia juga ga mau memanggil “mama”.Dirumah hanya diam, berbaring, nonton DVD kesukaannya.

Aku dan suamiku berencana membawa ke dokter anak dan specialist kulit. Namun apa daya, hujan deras dua hari, dan banjir keburu datang hari Jumat yang lalu di Kelapa Gading. Beruntung rumah kami tidak kebajiran, namun akses untuk ke klinik terhalang oleh banjir. Kompleks kami seperti dikepung air. Bahkan Jumat malam itu, papa Dzaki harus berjalan kaki dari kantornya di Grogol hingga Kelapa Gading.

Nyari2 source informasi dari klinik anakku.net (klinik langganan), untuk meredakan pileknya aku kasih ALCO drops , dua kali sehari sesuai dosis. Kebetulan dulu jaman bayi pilek dokternya Dzaki juga ngasihnya ALCO drops. Untuk radang tenggorokannya, memang kasihan banget karena Dzaki jadi sulit menelan dan rewel. Kalau agak parah biasanya memang Dzaki dapat antibiotic dari dokter.

Aku sendiri sebenarnya tidak ingin Dzaki dikasih antibiotic lagi, apalagi baru 1 bulan yang lalu, dia sakit tenggorokan dan dikasih antibiotic. Aku coba perbanyak minum air putihnya, kemudian kuberikan vitamin seperti biasa, AKTAVOL dan Liver Cod Oil. Selama tiga hari akhirnya Dzaki mulai lahap makan, tidak rewel, dan mulai mau main. Mulai cerewet lagi dan dan lincah. Pileknya tinggal dikit, sehingga aku merasa tidak perlu memberikan obat lagi, cukup vitamin untuk daya tahan tubuhnya.
Kulitnya yang mengelupas tiap hari beberapa kali aku olesin pakai cream baby Cussons (kebetulan yang cocok untuk Dzaki cuma merek ini), minyak telon dan bedak bayi kuhentikan, kaus dalam tidak aku pakaikan. Habis mandi (airnya aku tuangin baby oil cussons juga), kulitnya aku keringkan, kuangin anginkan sebentar dan kuoles cream baby Cussons. Setelah itu kukenakan pakaian yang agak longgar. Makanan yang kira2 bikin alergi kulit semua aku hentikan (keju, mentega,minyak goreng,abon,telor). Alhamdulillah setelah tiga hari kulitnya mulai halus kembali.

Saat banjir sudah surut, Dzaki pun sudah pulih dan cerewet lagi dan memanggilku “mama”.

No comments: