Tuesday, January 06, 2009

Alternatif yang patut dikunjungi di Yogya

Ini adalah hal hal relative baru, jika sdh bosan dgn oleh2 yang itu itu saja, atau makanan yang itu itu saja dari kampung saya.

1. Heraton Craft
Usaha kerajinan tas anyaman, langsung ke pengrajinnya.
Kalau mau ke arah Kaliurang, di SPBU kilometer 9, sebrangnya ada gang masuk. Masuk saja terus, lurus, nyeberang persawahan, tanyakanlah Heraton kerajinan tas. Maka penduduk sekitar pasti akan memberi petunjuk. Harga karena dari pembuatnya, jauh lbh murah dr yang sudah dipajang di Mirota Batik atau Butik.

Alamat lengkap :
Heraton CraftPusat Kerajinan Tas Anyaman Palgading, Siduharjo, Ngaglik, Sleman JI. Kaliurang Km.10Tel: (0274) 886630 HP: (0818) 815804

2. PIA DEVA
Bagi yang bosen bakpia biasa, ini inovasi bakpia, kulitnya keras, bentuknya kotak,lebih tahan lama.Isinya macam2 keju, coklat, nanas dll. Salah satu gerainya paling mudah didapat yaitu di sebelahnya RM Ayam Goreng Suharti, jl. Laksda Adicucipto (tahu kan, yg mau ke Bandara). Disampingnya ada kios tulisan "PIA DEVA" warna hijau.Kemasannya juga hijau terang yg menarik. Harga Rp. 11.000,- - Rp. 12.000,-. Ada juga ampyang coklat, tapi rasanya mirip biskuit kue semprit rasa coklat yg dikasih kacang . Info lengkap PIA DEVA klik disini : PIA DEVA

3. Bakmi Pasar Colombo (malam)
Karena lelah ngantre di bakmi KADIN, cobalah bakmi Colombo, jalan Kaliurang Km. 7. Di sebelah kanan (dari arah kota Yogya) ada Pasar Colombo, mulai jam 7 malam jualan bakmi dan nasgor di pintu masuknya. Bakminya mantap, harga bersahabat (Rp. 7500,- yang biasa pake telor). Lesehan di pintu pasar, dan ngantrenya agak sabaran krn memasaknya satu satu.

4. Soto Sawah Bu Tin
Sarapan soto kegemaran, tapi mau ke Soto Sawah yang dekat godean sana kok jauh. Nah di utara pasar Colombo (jalan Kaliyrang km 7) jalan keutara dikit. Jalan kaki aja cukup kok dari pasar. Ada warung "Soto Sawah Bu Tin". Soto ayam yg segar, mantap, daging ayamnya lumayan (ga kayak soto2 ngetop itu yg smkn dikit isi sotonya). Potongan gorengan ati ampela pun siap dihidang dimeja. Minuman enaknya Dawet khas warung itu. Pagi jam 7 sdh buka. Lebaran kemarin buka. Klo kesorean sering habis.Warung kecil, pakai spanduk doang tulisannya. Ga pake ngantre.Penjualnya ramah.

5.Coklat Monggo
Coklatnya di gerai mall Jakartapun sudah ada (salah satunya di Farmers Market MKG). Tapi kalau mau ke rumah produksinya, kalau pas sekalian jalan2 ke Kotagedhe, bisa mampir ke :
CV. Anugerah Mulia/Cokelat MonggoJl. Dalem KG III/978 Rt. 043 Rw. 10,Kel. Purbayan Kotagede 55173Yogyakarta - IndonesiaTel: 0274-7102202Fax: 0274-373192email: caca06mania@yahoo.comwww.chocolatemonggo.blogspot.com

6. Teng teng Gepuk Macan
Hmm siapa tak tahu ting ting kacang Garuda? Ini lebih dahsyat. Beda sama yg dijual dibungkus segitiga gambar klenteng. Ini bungkusnya kertas, lebih gede, harum dan kacangnya lebih nyoss.
Di jual pembuatnya di kios keciiiil di rumahnya jalan Jagalan no 12 Yogyakarta.Di Jalagan sebenarnya terkenal tukang jagal, sesuai nama jalan, dideretan penjagal dan penjual daging sapi di kios kios rumah. Harga enteng2nya 12-14 rb selusin. Ehm dijalan ini juga terkenal ayam goreng Code. Dr kios ini, terus lurus aja, beberapa meter, setelah lewat beberapa kios daging.
Klo ga sempat ke Jagalan, atau ga nemu, enteng2 gepuk ini dijual juga siy di Konter Bandara Adisucipto, cuman harganya jadi 25-30 ribuan.Di toko oleh oleh juga ada kali yah, kemarin teman ada yg ngubek2 pusat oleh oleh ala jalan mataram katanya ga ada. Dia rindu enting2 yg kami bawa ke kantor.

7. ABON BU REJO
Siapa bilang abon Yogya hanya abon 37 di Wijilan? Males ke Wijilan, sumpek antre. Dan abon ini ga kalah rasa, kualitas dan harga. Yg bikin ibunya teman. Gangnya diseberang gang rumah kakakku, jadi cukup dekat. Diproduksi skala rumah di dalam perumahan, kiosnya dirumah juga, ga pake macet, ngantre kayak di Wijilan. Abonnya abon sapi. Kalau beruntung pas kesana mereka baru masak abon, bisa ngintip ngintip, dan bau harum abon dr samping rumahnya. Alamat. Jl. Kaliurang kilometer 5 (dariUGM, prapatan selokan MM UGM ke Utara yak, arah kalau mau ke Kaliurang, tapi jangan sampai liwati perempatan ringroad apotik Kentungan, itu mah bukan kilometer 5 lagi. Liat ke deretan nama2 Gang Jawa di sebelah kanan (klo dr arah UGM), namanya : gang Grompol no 16. Telepon 0274-580925.

8. SATE KLATHAK
Informasi dari rekan Farkhan, satenya daging kambing. Aduuh saya belum pernah kesini, rasanya ini harus dikunjungi, apalagi waktu bukanya malam-malam. Klik disini untuk lengkapnya : SATE KLATHAK

9. BRONGKOS GADING
Terletak dekat plengkung Gading (alun alun Selatan). Duuh ini dekat rumah nenek, musti dicoba. Klik disini : BRONGKOS GADING

10. YAKKUM

Pusat Rehabilitasi penyandang cacat, letaknya mudah dicari. Kalau mau ke Kaliurang, lewat Jalan Kaliurang, sekitar km 15 (sebelum Universitas UII), sebelah kanan jalan (kalau dr Yogya) ada gedung panjang dgn tulisan YAKKUM. Disana dijual kerajinan tangan hasil kerja para anak didik disana, diantaranya diproduksi juga mainan edukatif.

11. GADO -GADO COLOMBO

Hmm Gado -gado murmer dan porsi besar (di Jakarta Gado gado kemahalan rasanya hoho). Sebenarnya banyak Gado gado enak di Yogya. Di Pasat Bringhardjo ada Gado gado Bu Hadi, Di dekat palang kereta api ada Gado Gado Teteg yg porsinya jumbo, Di Dekat Universitas Sanata Dharma )jl. Mozes Gathotkaca) ada Gado gado Colombo, cabangnya juga ada di tengah kota, jalan Sagan. Petanya Klik disini Gado Gado Colombo cabang Sagan



8 comments:

Unknown said...

Wah, bener2 alternatif tuh bu. Sebenernya masih ada beberapa lagi, misalnya: bakso bawor (yang ini bener2 seger, di jakarta gak ada yang kayak gini). Pusatnya di samirono, cabangnya ada banyak, antara lain di condongcatur. Terus soto Marto (soto sapi tapi rasanya nendang banget... di Jakarta juga gak ada). Pusatnya ada di daerah Patangpuluhan, cabangnya di depan JCC (bener gak seh?) tapi yang di cabangnya kataku gak senendang yang di pusatnya. Kalo mainan anak2 yang edukatif dan bermutu bagus, dateng ke workshopnya YAKKUM deh (di jakal km.15). Harganya lumayan mahal (tapi untuk ukuran Jakarta mah biasa aja), tapi kualitasnya oke... kerjaannya aluuuusss banget dan cat yang dipake juga aman. Lainnya... ntar lagi ya bu...

milanapandanwangi said...

Waduh bu, sayang aku ga tahu YAKKUM jualan mainan edukatif, pdhal tiap hari lewat.

Ully said...

ya olo....jahatnya....aku cuman bisa nangis sambil ngiler disini.

Unknown said...

Nambahin:
1. Brongkos Gading, dekat alun2 selatan... pagi2 dingin2 jam 7, makan brongkos hangat...enak tenan. Selain di gading, ada juga brongkos di bawah jembatan kali krasak, tempel sleman. Tapi I belum pernah coba. Kemarin lebaran tutup soalnya.
2. Lotek Colombo dekat bekas kolam renang colombo, yang sekarang jadi hotel (apa ya?), enak karena kacangnya terasa plus ada bakwannya... ginyuk.. ginyuk..
3. ntar ah, mikir lagi
Ayo ke jogja...

Unknown said...

Hai Nana, nimpalin tempat makan di yogja nih, sempat kapan itu mampir mencoba beberapa rekomendasi teman, mungkin bisa dicoba meskipun agak aneh...
1. Sate Klathak Pak Bari, lokasinya di pasar Jejeran. Persis di pasarnya, dari terminal baru yogja, terus ke Imogiri ya (sepertinya melewati rumah salah satu dosen kita pak Helly P Soetjipto), tempatnya di perempatan lampu merah pertama...ya terus dikit 50 M lah, akan sampai di pasar Jejeran itu. Agak anehnya bukanya jam 9 malam sampai abis (rata-rata jam 12-an sudah abis). Sate dan tonsengnya bener-bener mak nyus tenan. Jam segitu kan perut lagi gak bersahabat untuk diajak makan, tapi begitu ke sana, dan mencicipi satenya satu gigitan aja, wah jan, tak terasa satu porsi abis. Belum lagi tongsengnya yang bener-bener nendang. Tapi soal tempat, jangan diperhatikan deh ya, yang penting halal and enak kok. Dia nusuknya pake jeruji sepeda...so moga-moga udah pada kebal ama tetanus ya he he he....
2. Angkringan Pak Man...ini juga seperti yang diceritakan Hargi, brongkosnya eunak tenan...jam 1-an malam kita ke situ sambil melihat jogja tengah malam, tapi memang enak apalagi Nasgitelnya- teh khas angkringan, bener-bener bikin gak mau beranjak dari angkringan. Nah soal letaknya ini sepertinya di dekat terminal lama...agak masuk ke kompleks perumahan (he he he lupa juga, nanti kapan-kapan kesitu lagi terus aku up date deh ya).
3. Iga bakar Sapi jalan Kaliurang, dekatnya pom bensin sebelum perempatan jakal. Lumayan enak dan harganya juga ekonomis untuk ukuran jakarta...tempatnya bersih dan leluasa.
4. Mau coba kupat tahu pak Damarjati ?. Dulu ini enak sekali tapi kapan itu aku lewat kok tidak buka ya, barangkali masih tutup karena lebaran. Tempatnya persis di sebelah komplek perumahan merapi view...agak ke arah barat. Menjorok ke dalam dikit bersebelahan dengan tanaman hias.

Lainnya ntar lagi di up date ya, see you..
Farkhan

milanapandanwangi said...

Farkhaaaaaaaaaaaaaaaan , akhirnya dirimu nongol juga

Unknown said...

He he he, apakabar teman...
Biasa lagi malam-malam enaknya browsing, eh kok ya nyantol di blogmu dan disitu ada artikel menarik yang kamu posting...weh salut aku Na, kamu bisa bikin tulisan2 macem gini...susah maintainnya...begitu lihat Nessi, Hargi dll juga pada nimbrung, ya udah aku nimbrung juga.

Emang jogja nganeni banget...tapi gak tau kalau kita udah stay di sana apakah ya masih sama terus ngangeni apa mboseni he he... kata mbah jaman dulu itu "wang-sinawang". Tapi yang paling berkesan waktu ke yogja bareng sama tim assessor, malem jam 11-an bukannya pada molor malah ngajak ke Jejeran itu. Pertama ngelihat aja nggak masuk, eh begitu makan oalah mak, eunak lho Na, coba deh...dekat ama rumah pak Helly lagi, cuma jam 11-an malam gak berani aku mampir he he he...

Ok ya, pagi-pagi nan dingin lebih enak memang buat males-mualesan ;)

Rgds,
Fkh

cerita laila said...

Hai mba terima kasih referensinya, kebetulan lg nyari abon buat mama..
mau tanya abon bu rejo itu halal tidak??